Rabu, 03 Juli 2013

hidup adalah pengorbanan..

assalamualaikum ^^

seseorang dengan sederhana bertanya kepadaku, sore itu. ya, aku ingat sekali sore itu. wanita berhijab lebar itu mendekatiku yang sedang duduk menunggu waktu ashar di sebuah mesjid di daerah Bandung. dengan senyuman sederhananya, dengan pena dan note yang setia dipegangnya. dia menghampiri. aku merekam jejak langkahnya yang mendekatiku.. dengan sapaan yang lembut dia memberikan salam padaku "assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh" segera ku jawab dengan cepat "waalaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh". dengan percakapan awal yang menarik, tiba-tiba wanita itu bertanya padaku. "menurut ukh, hidup itu apa?". pertanyaan sederhana namun dalam. aku menjawab "hidup adalah perjuangan".


sebuah takdir yang sudah di gariskan Allah SWT. aku dipertemukan dengan wanita itu dan di berikan hikmah yang luar biasa. hikmah tentang apa? hikmah tentang HIDUP. saat itu aku memang sedang menunggu waktu ashar di sebuah mesjid sambil tilawah, bahagia tersendiri dipertemukan dengan ukh. Siti Sadiyah yang kala itu memang bertanya tentang hidup. setelah percakapan itu ditutup. aku yang masih duduk menghadap kiblat merenungkan hal itu. astagfirullah~ waktu yang Allah beri dengan gratis kepadaku hingga sampai akan menginjak usia 20 tahun. usia yang sudah tak muda lagi. aku masih belum benar-benar sadar tentang apa yang dilakukan selama ini.

mengapa aku jawab hidup adalah pengorbanan?
aku melihat ibuku, yang usianya kini menginjak 38tahun. tentu banyak melakukan pengorbanan untukku. berkorban melawan rasa sakit saat melahirkanku, berkorban menyusuiku yang selalu mengganggu waktu tidurnya, dan berkorban mendidikku hingga seperti ini. aku bisa seperti ini karena pengorbanan seorang ibu yang sangat menyayangiku dan sangat sangat aku cintai~ ibu mampu mensejajarkan pengorbanan dengan ikhlas dan sabar, dan semoga itu adalah ladang ibadah untukmu ibu. aku sayang ibu :*

aku melihat ayahku, yang usianya sudah menginjak kepala 4. kekuatan badannya sudah perlahan hilang. tapi ayah selalu bersikap kuat dihadapanku. dan selalu tidak mengindahkan rasa lelahnya untuk tetap berkorban mencari nafkah untuk kehidupanku. aku tahu, ayah selalu berfikir tak ingin membuat aku kekurangan. tapi sungguh, aku merasa lebih dari orang lain, karena aku mempunyai ayah seperti ayahku. aku bangga sama ayah, aku sayang ayah, dan aku cinta ayah :*

aku melihat adikku, yang usianya baru 13 tahun. dia selalu berkorban, belajar untuk apa yang ingin di dapatkannya. dengan itu tak jarang ia selalu mendapatkan rangking dikelasnya. ya, itu karena pengorbanan..

seorang mahasiswa bisa lulus dengan nilai terbaik dan predikat cumlaude. karena apa? karena pengorbanannya melawan rasa malas dalam dirinya. pengorbanannya melawan dirinya sendiri. pengorbanannya memanajemen waktunya sebaik mungkin, dan yang terpenting adalah pengorbanan dia untuk Sang Tuhan dalam berilmu. sesungguhnya langkah kakinya dengan niat karena Allah adalah sama dengan berjihad. subhanallah~

seorang alim, yang berkorban dijalan Allah dalam menjauhi larangannya dan dengan giat melaksanakan segala perintahnya. tanpa pengorbanan, ia tidak akan menjauhi larangannya.

seorang wanita, yang dengan secara sadar mengakui bahwa berhijab adalah kewajibannya. maka dia berkorban untuk istiqomah dalam hatinya dan melawan semua syahwat yang membawa dia memuji pakaian terbuka. semua itu karena pengorbanan..

guys, ingat ! hidup adalah perjuangan.
berhenti berjuang sama dengan berhenti hidup.
jadikan Allah sebagai tujuan utama dan yang paling utamamu dalam berjuang... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar