Jumat, 31 Juli 2015

menjadi contoh, bukan memberi contoh

selamat siang pembaca setia ! hihi
sudah lama tidak posting di blog ini..
adminnya lagi sibuk skripsi hahhaa *alasan yaa..

saya menulis postingan ini di tengah jam istirahat di BAPUSIPDA Prov. Jawa barat..
ada keperluan cari referensi plus download sana sini.. hihi

postingan kali ini bertemakan "bukan memberi contoh, tapi menjadi contoh"


ya, memberikan contoh kepada orang lain memanglah mudah guys, tapi menjadi contoh? hanya orang-orang tertentu yang bisa. aseli dijamin..
saya adalah seorang kakak untuk dua adik saya, adik saya yang pertama seorang laki-laki bernama fauzi rafsanjani, saat ini ia duduk di kelas 7 di sebuah pesantren di Purwakarta. dan adik saya yang paling kecil seorang perempuan bernama kharisma handayani baru duduk di kelas 3 SD.. si kecil ini suka protes sama ayah saya.. "kenapa nama belakangnya handayani? kenapa ga anjani aja? kan sama kayak teteh" sambil ngasih wajah cemberut sama babeh haha ada ada aja..

menjadi kakak menjadi tantangan tersendiri. tetapi sangat mengaasyikan juga.. dirumah rame, nonton tv rame, makan rame, dan mandipun rame haha

dirumah, saya menjadi kakak yang bisa dibilang galak atau garang. sukanya ngomel sana ngomel sini..itu semua dilakuin karena pengen kedua adik saya belajar untuk hidup disiplin dan mandiri..

*disaat nonton tv*

ambooii, jangan lah nonton tv dekat-dekat macam tu, nanti mata rusak..*gayaakaRos
ya, setiap kali nonton tv saya selalu bilang seperti itu, tetapi kedua adik saya selalu  bales
"tetehpun macam tu, wwwoo" sambil sorak..

*disaat makan*

baca doa dulu sebelum makan hey,, dan dengan cepat dibales "akapun tak baca doa"
saya jawab "aka kan baca doa dalam hati".. dengan cepat dibalas "booongggg tuhh"

*disaat belajar*

saya memberi nasehat "bukunya beresin dulu sebelum tidur, jangan baca dekat-dekat nanti mata rusak"

*disaat mandi*

saya memberi nasehat "jangan nyanyi-nyanyi di kamar mandi, tak boleh.. Allah marah nanti"
dengan cepat mereka balas "akapun sama, suka nyanyii wwooo"

ya begitulah gambarannyaa..
beberapa tahun lalu saya baru bisa memberikan nasihat.. dan belum menjadi contoh.. tetapi sekarang lain ceritanyaa...

saya berusaha menjadi contoh untuk adik-adik saya dan hasilnya, ini sangat efektif..

*disaat nonton tv*

si kecil langsung bilang, "lupa, jangan nonton dekat-dekat kan ya teh? nanti mata rusak"
berkata seperti itu sambil mengambil jarak jauh dari televisi..

*disaat mandi*

di kecil "ini handuknya sudah dibawa, nantikan aka marah kalo nenk suruh ambilkan handuk, ssstt ga boleh nyanyi yaa teh"
lucu yaa,.

*disaat belajar*

"peer selesai, buat besok siap" sambil merapikan tas..

saat ini, saya sudah merasakan efek dari menjadi contoh..
ketika saya sedang dirumah, setiap si kecil pulang sekolah selalu bertanya "tadi belajar apa aja? main apa aja? ada peer ga?" dari kebiasaan bertanya seperti itu saat ini si kecil walau saya tidak bertanyaa, akan selalu dtang menghampiri dan mulai cerita nyerocos sana sini.. hihi

ketika saya sedang diperjalanan mengantarkan si kecil sekolah, saya selalu bilang "kapan nih mau berenti dianterin, kasiankan nenek harus nganter dan nemenin teruss, nenek kan banyak kerjaan dirumaah bukan cuman nemenin nenk sekolah aja" awalnya cemberut cemburut dikit..
tapi sekarang di kecil langsung mendadak "mah, nenk ke sekolah naik sepeda ya, nanti sepedanya simpen di rumah uwa, nenk ke sekolah jalan dikit gapapa, jadi nenek ga perlu repot repot nganter nenk lagi, nenk kan udah gede" hahha denger dia bilang udah gede aja udah puas kok haha

yang paling mengharukan adalah, si kecil sudah mempunyai keinginan untuk berhijab..
"mah, kelas tiga nanti nenk pengen pake seragam panjang pake kerudung yaa"
awalnya ga percaya tapi ini aseli, dan saya bertanya kenapa pengen pake kerudung? kan gerah nenk.. sontak langsung menjawab "pengen kayak teteh"
aaaaa......... terharu...

begitulah singkat ceritanya.
mungkin postingan ini tidak terlalu penting ;)

1 komentar: