Senin, 07 Oktober 2013

Edisi Bappeda

        senin kemarin tanggal 7 Oktober 2013, kami rombongan dari jurusan Administrasi Negara tingkat 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung melakukan penelitian ke Bappeda (Badan perencanaan pembangunan daerah) Provinsi Jawa Barat. sebenarnya terlalu lebih jika dikatakan sebagai penelitian, mungkin lebih simple kita sebut ini adalah study empirik. dimana kami semua mengikuti apel pagi yang dilaksanakan di kantor Bappeda bersama dengan jajarannya dari berbagai bidang. diantaranya yaitu:
  • bidang sosial dan budaya
  • bidang pendanaan pembangunan
  • bidang fisik
  • bidang ekonomi
  • bidang pemerintahan
  • bidang penelitian, pengendalian dan evaluasi
  • sekretariat
  • bidang UPTD

       apel pagi dipimpin oleh Bapak Sekretaris Bappeda yaitu Bapak Husein Ahmad. karena pimpinan Bappeda sedang mengikuti agenda acara diluar kantor. awal rencana kami hanyalah mengikuti apel pagi dan meneliti tentang kedisiplinan para pegawainya. tetapi diluar agenda yang telah direncanakan, setelah apel pagi kami diundang dalam acara diskusi bersama Bapak Husein Ahmad selaku sekretaris Bappeda yang ditemani Bapak dari Bagian Umum dan Fungsional Perencanaan. serta bersama ibu kepala bidang penelitian, pengendalian dan evaluasi. 
          setelah apel kami dituntun memasuki ruang sidang dilantai atas. diskusi dipimpin oleh Bapak Husein Ahmad. dan beliau memaparkan materi tentang perencanaan pembangunan provinsi jawa barat. dalam jangka sekarang, menengah dan jangka panjang ditahun 2025. Bappeda adalah ruh dari Provinsi Jawa Barat. baik tidaknya pembangunan jawa barat ditentukan oleh Bappeda sebagai badan perencanaan pembangunan daerah jawa barat.
          program-program perencanaan pembangunan yang nyaris sempurna dipaparkan oleh bapak Sekretaris dengan tujuan menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi terbaik di Indonesia. 

ini adalah kantor Bappeda dilihat dari depan :)

 Gubernur Jawa Barat sedang memaparkan RPJPD 2025

dan inilah gambaran jawa barat di masa depan dengan GREEN PROVINCE

diatas itu adalah gambaran masa depan jawa barat, pemerataan pembangunan sedang gencar dilakukan oleh pemprov. jawa barat tahun 2025 :
  1. ada 3 kawasan metropolitan di Jawa Barat, adalah
    ~ metropolitan BODEBEKKARPUR yang meliputi wilayah (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang dan Purwakarta)
    ~ metropolitan Bandung Raya
    ~ Metropolitan Cirebon Raya
  2. pembangunan bandara Citarate dan Bandara Internasional Jawa Barat, serta Bandara Nusawito 
  3. pembangunan tol 
  4. meningkatkan pariwisata jawa barat
  5. dan pembangunan pelabuhan 
banyak wawasan yang bisa diambil disini. bahwa sebagus apapun perencanaan, jika pelaksanaan dan pengawasannya tidak maksimal maka tidak akan ada perubahan apapun :)
semoga provinsi Jawa Barat menjadi provinsi terbaik di indonesia, dan semoga semua rencana pembangunannya dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar