Senin, 09 September 2013

akhlak yang baik adalah sebaik-baiknya kepintaran :)

      readers ! sesungguhnya di dunia ini gak ada yang bodoh. panggilan bodoh sebenernya untuk seseorang yang tidak bisa menghargai dirinya sendiri. untuk seseorang yang tidak berusaha memantaskan diri untuk kepintaran dan kecerdasan. untuk seseorang yang enggan berubah. dan untuk seseorang yang sangat senang dengan ketidaktahuannya tentang apa-apa. semoga readers tidak termasuk kedalam orang seperti itu amin.
       ilmu adalah rezeki. ilmu adalah titipan. dan ilmu adalah sebaik-baik harta warisan. jika ilmu adalah titipan berarti harus dijaga dengan baik. dengan cara apa dijaganya? dengan diajarkan kembali kepada yang lainnya. dengan mengajarkan ilmu takkan pernah berkurang. dan insyaallah Allah akan semakin menambahkan ilmu itu untuk kalian dengan bersanding pahala yang besar. kata titipan selalu bersanding dengan tanggungjawab. kelak ilmu akan meminta pertanggungjawaban dari kalian. 
      dewasa ini, terlalu mudah seseorang mencap seseorang itu pintar. karena paradigma yang telah ada dimasyarakat adalah angka. seseorang disebut pintar dengan indikator angka. seberapa banyak angka 9 nya, maka akan semakin dekat dengan gelar "pintar". seberapa besar IPnya, maka akan semakin dekat dengan gelar "pintar". padahal itu tabu, angka bisa dibuat. angka bisa diubah. dan angka bisa dimanipulasi. angka bisa dibesar kecilkan. tapi akhlak dan sifat? itu perlu didikan dari orangtua yang baik sejak dini.
        pintar dalam angka tapi kurang dalam akhlak dna sifat buat apa? yang ada pintar hanya akan menjadi boomerang untuk dirinya sendiri. right? tapi alangkah sempurnanya jika pintar dalam angka sekaligus akhlak dan sifat. sungguh sempurna Allah mencipatakannya. dan insyaallah ini akan menjadi jalan menuju syurganya Allah.
        yang pintar akan menjadi bodoh saat seseorang itu merasa dirinyalah yang paling pintar. yang pintar akan menjadi bodoh saat seseorang itu merasa dirinyalah yang paling benar. yang pintar akan menjadi bodoh saat seseorang itu merasa dirinyalah yang paling lebih dari yang lainnya. itu adalah sikap yang salah. dan sungguhlah Allah sangat tidak menyukai orang-orang yang sombong dan tempatnya adalah neraka. naudzubillah. semoga kita tidak termasuk kedalam golongannya. amin
         postingan ini bukan bertujuan untuk membuat kalian takut pintar. tapi mengajak, dan memberi tahu begitu penting sekali peranan akhlak dna sifat yang baik untuk mengiringi kepintaran itu sendiri. agar itu baik untuk diri dan orang lain bukan malah menjadi buruk untuk diri dan orang lain.
          
So, rajinlah belajar. awali belajar dengan menyebut nama Allah dan niatkan segala sesuatunya karena Allah, jika bersungguh-sungguh. kalian akan menjadi bagian orang yang pintar dan cerdas, tentu dengan akhlak dan sifat yang baik, agar terhindar dari hakikat pintar tapi bodoh.. 
carilah ilmu sampai ke negeri cina. keluar rumah dengan niat belajar karena Allah. sesungguhnya kalian sedang berjihad dijalan Allah dan jika kalian meninggal diperjalanan, kalian termasuk kedalam syahid. amin :)
       

4 komentar: