Minggu, 01 September 2013

musuhmu yang nyata adalah diri sendiri dan itu adalah rasa MALAS

       seseorang begitu polos bertanya padaku "aku lihat kamu tuh perasaan gak pernah males, selalu semangat, kenapa sih? apa ada rahasiaa sesuatu gitu?" cukup nyengir aja baca pertanyaan itu. lalu aku jawab "gak sesempurna itu, aku juga manusia biasa, yang bisa ngerasain gimana beratnya ngelawan rasa males, gimana senengnya saat ngerasa semangat terus, semua gak selalu monoton, kadang di atas (semangat) dan kadang di bawah (males) dan itu kadang-kadang bergantian dan bahkan bergandengan.
      berbicara males, memang rasa-rasanya setiap manusia pernah ngerasainnya, ada yang intensitasnya tinggi dan ada yang sekecil mungkin, yang intensitasnya tinggi mungkin lebih cocok disebut dengan "pemalas" tapi yang sekecil mungkin bisa dibilang dialah yang dikategorikan "rajin".
      setiap orang yang sadar kalo malas itu musuh yang paling keji jahat dan lain sebagainya, pasti akan mencari cara bagaimana untuk menghadapi malas serapih mungkin sebersih mungkin. inget loh bagi yang sadar, dan semoga para pembaca termasuk pada golongan yang sadar :D hihihihi
dan bagi yang tidak sadar mungkin malah ambil kesempatan dari datangnya rasa males, kesenangan sesaat yang ternyata malah bikin masalah bikin tambah runyem. tugas yang datengnya memang satu persatu tapi kalo ditumpuk yang bakal segunung dan tentu bakal makin ogah buat dikerjain dan yang akhirnya menghalalkan segala cara gimana caranya itu tugas bisa kelar secepat kilat, masalah bukan?
1. kamar yang berantakan, buku-buku dimana saja, dan dan dan kacau pokoknya, kalo kamu masih belum anggep males itu musuh, ya tu kamar gak bakal rapih deh, boro-boro bersih dan wangi, rapih aja susah buat yang males betul?
2. ngeluh selalu sakit, badan gampang drop dan gampang terkena penyakit, kalo kamu masih belum anggep males itu musuh, ya badan kamu bakal tetep gitu, gampang ngedrop dan jauh dari kata sehat, gimana mau sehat, ngurus diri sendiri aja males iyakan? :D
3. males buat ngawalin hari dengan semangat, bangun pagi langsung update status "capek, masih ngantuk tapi harus udah berangkat kerja deh, semangat" gimana mau hari ini indah, hari ini menyenangkan toh, kalo kamu masih belum anggep males itu musuh, ya gitu, diakhir hari pasti bilang "hari ini sial, hari ini nyebelin" so, siapa yang sebenernya bikin hari ini sial dan nyebelin? ya, diri kamu sendiri. dan mulai saat ini bermusuhannlah dengan malas. oke ! kata semangat yang diawali dengan kata males, ya endingnya akan males-males jugakan? orang diawalinnya aja pake males, coba pake semangat ! pasti selalu semangat :D
       so, jadilah manusia yang membenci rasa males, jadikan males sebagai musuh terberatmu, jika sedikit saja kamu berteman, liyat saja endingnya gimana :p oke !

       menjawab pertanyaan seseorang diatas itu, ya aku memang punya sesuatu yang bikin males itu susah nempel di badan :D apa itu ? mau tau? tutup mata kalian dan hadirkan wajah ibu dan ayah, bayangkan wajah keduanya yang tidak pernah memperlihatkan lelah, capek, apalagi males. iyakan? bayangkan keduanyaa, selalu berusaha untuk tidak lelah, karena keduanya begitu ingin memberikan kehidupan yang layak untuk anaknya agar anaknya tidak perlu selelah itu untuk menyambung hidup. ya kawan, sesuatu yang selalu buat aku bisa ngelawan males ya mereka, mereka kedua orangtuaku, mereka yang tidak pernah menampakan wajah lelah untukku, padahal aku tahu, mereka begitu lelah, lelah, tapi mereka lawan hanya untuk anak-anaknya. 
       beruntunglah jika kalian terlahir dalam keluarga yang mampu, apapun bisa didapat. tapi bayangkan jika ada seseorang yang terlahir dalam keluarga yang serba berkecukupan, apapun yang diinginkan tidak akan langsung terpenuhi. bukan berarti seseorang itu tidak terlahir dengan keberuntungan, terkadang mereka-mereka inilah yang lebih beruntung karena terlahir dalam keluarga yang harmonis, agamis, dan selalu bersyukur atas semua hal telah didapatnya.
       dalam urusan harta, selalu lihatlah ke bawah, mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan selalu bekerja keras dan menghilangkan rasa malas, dan dalam urusan ilmu, selalu lihatlah ke atas, kamu bisa seperti mereka yang dengan mudah mendapatkan ilmu. dengan cara apa? tentu dengan memusuhi rasa malas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar