Minggu, 13 Mei 2012

Inrisari Ajaran Syekh Abdul Qadir Jailani

Sombong itu seperti apa ya?
yuk kita simak nasehatnya dibawah ini. semoga bermanfaat ! ^^
 
wahai saudaraku, disekitarmu banyak orang yang terjepit, di dzalimi dan miskin. sisakanlah sedikit waktu untuk menolong mereka yang fakir miskin, yang tersiksa, yang tidak beruntung hidupnya dan yang terpedaya. jika waktumu engkau gunakan untuk menolong mereka, insya Allah engkau akan mendapat pujian Allah. karenanya, nafkahkanlah sedikit hartamu di jalan Allah, santuni mereka, bantu mereka dan angkatlah pada taraf kehidupan yang lebih baik. jangan engkau selalu menuruti hawa nafsumu saja. jangan engkau menolong dan memberi mereka karena terdorong mendapatkan pujian dari mulut-mulutnya. namun niatkanlah untuk mendapatkan ridha dan ikhlas karena Allah SWT. pujian Allah kepadamu lebih berharaga dan lebih menyelamatkan daripada pujian dari manusia.
sesungguhnya tujuan jiwa itu bukan pujian tetapi harus karena Allah. tinggalkanlah sifat dan kebiasaan membanggakan diri di hadapan Allah. hentikan sikap merasa besar di hadapan sesamamu. karena sikap itu termasuk di antara sifat sombong, yang mana nantinya orang-orang seperti ini mukanya akan diasah oleh Allah dengan api jahannam. seperti bila engkau mendengar suara adzan tapi tidak menjawabnya, maka berarti telah berlaku sombong kepada Allah. dan bila manusia berbuat aniaya terhadap sesamanya berarti ia telah berbuat sombong dihadapan-Nya. bertaubatlah, murnikanlah taubatu sebelum dibinasakan, seperti kematian raja Namrud dan raja-raja dzalim lainny6a. jadilah engkau manusia yang bertakwa.
suatu ketika Rasulullah SAW. memebri isyarat dengan memisahkan dua tangannya dalam keadaan gembira. beliau memuji Abdurrahman bin Auf yang kaya tetapi tidak terpedaya oleh banyaknya harta yang dimiliki. harta yang dipergunakan untuk kepentingan umat.
oleh karena itu, wahai saudaraku, lepaskanlah dunia yang engkau sukai demi kebaikan dihadapan Allah. keluarkanlah dan bebaskan hatimu, pasti dunia tidak akan membahayakanmu. carilah Pencipta yang telah menciptakan makhluk. engkau harus memelihara jiwa sampai mendapatkan ketentraman. carilah kedamaian dunia dan kedamaian akhirat dengan cara bertakwa. sangatlah beruntung jika engkau memasang butir-butir mutiara ikhlas dalam jiwa, termasuk butir-butir takwa, sabar dan syukur. rendahkanlah dirimu dihadapan Allah, jangan berbuat sombong karena sombong itu akan menyebabkan kehancuran. janganlah merasa dirimu berharga, lebih terhormat, lebih mulia, lebih gagah, lebih pandai dari orang-orang disekitarmu. sifat-sifat seperti ini adalah merupakan kesombogan. dan dari sinilah timbul suatu perasaan yang menolak kebenaran serta merendahkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar